Goodreads Indonesia

patjarmerah x Festival Pembaca Indonesia 2021

In Acara on 05/04/2021 at 16:54

Dua festival yang digagas secara mandiri oleh para penggiat dan pegiat dunia baca memutuskan berkolaborasi. Patjarmerah, Festival Literasi dan Pasar Buku Keliling bersama Goodreads Indonesia bersepakat melakukan sebuah festival kolaborasi untuk terus menyalakan keberagaman bacaan.

Patjarmerah yang didirikan pada 2018  kerap dijuluki sirkus literasi keliling karena biasanya menggelar festival literasi dan pasar buku di tempat-tempat berbeda. Pada April 2020, mereka pertama kalinya menggelar patjarmerah virtual sebagai wujud gotong royong dan bahu-membahu dengan para penggerak dunia kreatif penerbitan menghadapi pandemi. Sedangkan Goodreads Indonesia adalah komunitas pembaca yang lahir pada 2007 dan menggagas Festival Pembaca Indonesia. Acara ini menjadi salah satu festival yang diselenggarakan oleh pembaca sebagai bentuk rekreasi baca.

“Ada banyak festival buku di Indonesia. Namun, mereka rata-rata hanya melibatkan pembaca sebagai konsumen buku, bukan rekan,” kata Harun Harahap, salah satu penggiat Goodreads Indonesia. Padahal, menurut Harun, yang diinginkan pembaca adalah ruang interaksi untuk menyuarakan apa yang menarik dan penting kepada sesama pembaca. Festival Pembaca Indonesia pun lahir pada 2010 sebagai upaya menghadirkan ruang interaksi yang setara antara pembaca dengan pembaca, pembaca dengan penulis, dan pembaca dengan para penggerak dunia literasi.

Keinginan menciptakan ruang interaksi setara itulah yang membuat patjarmerah dan Goodreads Indonesia memutuskan berkolaborasi pada 2021. Hutomo Yoga dari patjarmerah mengungkapkannya. “Pemangku kepentingan dalam dunia literasi dan baca-tulis ada empat: penulis, pembaca, penerbit, dan penyalur. Karenanya, patjarmerah berusaha melibatkan keempatnya secara setara dalam festival dan pasar buku.” Ini juga menjadi kali ketiga patjarmerah menjalankan kolaborasi antarfestival sebagai bentuk gotong royong literasi. Sebelumnya, mereka berkolaborasi menghadirkan Festival Buku Asia 2020 untuk memperkenalkan bacaan dari Jepang dan Korea, lalu Pesta Boneka 2020, festival boneka internasional setiap dua tahun sekali yang digagas Papermoon Puppet Theatre.

Kolaborasi festival literasi patjarmerah dan Festival Pembaca Indonesia dari Goodreads Indonesia rencananya menghadirkan sebuah festival yang menyalakan kegemaran dan keberagaman bacaan. Festival Pembaca Indonesia juga memberikan Anugerah Pembaca Indonesia (API) kepada para penulis dan pewajah sampul sebagai bentuk apresiasi pembaca. API dan pasar buku daring akan menjadi rangkaian kegiatan festival yang diracik bersama sejumlah program lainnya.

Pandemi Covid-19 sendiri diakui oleh keduanya telah menantang kreativitas para penggiat dan pegiat literasi. Banyak festival daring hadir menggantikan festival-festival buku, sastra, dan literasi yang selama ini diadakan secara luring. “Bagi kami itu hal positif. Kami melakukan kolaborasi antarfestival karena sadar akses literasi yang setara akan lebih cepat dan baik jika dilakukan secara gotong royong,” kata Yoga.

“Kami melihat ini pun bagian dari upaya menciptakan ekosistem literasi. Ketika pembaca murni peduli dan merayakan keberagaman bacaannya, maka dunia baca-tulis akan kian berdaya,” imbuh Harun.

“Kami Membaca” menjadi tema kolaborasi antarfestival patjarmerah dan Goodreads Indonesia. Ini merupakan ajakan untuk terus menyalakan kecintaan kepada membaca dan menghargai jenis bacaan serta selera baca yang beragam.

Salam Literasi,

patjarmerah x Goodreads Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: